5 Alasan Kamu Harus Mencoba Olahraga Rock Climbing

Olahraga panjat dinding bisa memberikan banyak manfaat untuk kamu. Sumber: Unsplash

Rekomendasi aksesori panjat dinding

Melihat dunia dari tempat yang tinggi seharusnya lebih menarik sekaligus menegangkan. Kalau kamu berpikiran hal yang sama, seharusnya kamu menjajal minimal sekali olahraga rock climbing. Dalam olahraga ini, kamu harus memanjat tebing curam hanya dengan tangan dan kaki yang dibantu oleh tali sebagai pengamannya.

Buat kamu yang masih ragu untuk mencobanya, ada baiknya menyimak sederet alasan untuk kamu harus menjajal olahraga rock climbing di bawah ini!

1. Rock climbing buat kamu lebih percaya diri

wall climbing
Melakukan olahraga wall climbing buat kamu lebih percaya diri. Sumber: Unsplash

Setiap orang tidak dibekali dengan kepercayaan diri yang sama. Banyak dari mereka yang sebenarnya tidak terlalu percaya diri bahwa dia bisa melakukan lebih. Untuk mengeluarkan rasa kepercayaan diri tersebut, kamu harus mengalahkan rintangan yang ada di hadapan kamu, salah satunya adalah mencapai titik tertinggi.

Setiap dinding dan tebing batu punya tantangan yang berbeda untuk ditaklukkan. Dengan melakukan olahraga ini, kamu akan menantang diri untuk mengalahkan semua dinding tersebut. Bahkan, sebuah dinding yang tidak terlalu tinggi pun akan buat kepercayaan diri kamu lebih baik saat menaklukkannya.

2. Melatih seluruh otot tubuh

Wall climbing
Olahraga rock climbing bisa melatih semua otot yang ada di tubuh kamu. Sumber: Unsplash

Pilihan olahraga seperti berenang atau bersepeda akan melatih otot tubuh tertentu dan meninggalkan otot tubuh lainnya. Rock climbing buat semua otot tubuh kamu bekerja, bahkan sampai otot-otot jari-jemari kamu. Kamu akan membuat tangan lebih kuat untuk menarik tubuh kamu ke tempat yang lebih tinggi, sama halnya dengan kaki yang membantunya mendorong.

Kamu harus menjadi member gym dan melakukan banyak gerakan untuk bisa membuat semua otot tubuh terlatih. Ada baiknya mencoba melakukan rock climbing dan mendapatkan semuanya sekaligus.

3. Melatih lebih fokus dalam melakukan sesuatu

panjat tebing
Panjat tebing buat kamu lebih fokus untuk mengejar goal. Sumber: Unsplash

Dalam rock climbing, hanya ada dua jalan yang bisa kamu pilih. Ke bawah yang artinya kamu gagal dan ke atas yang artinya sebuah kemenangan. Kamu harus memikirkan strategi terbaik untuk membuat setiap gerakan berarti saat berada di dinding atau tebing.

Saat semua bagian tubuh pegal-pegal, kamu pun harus melawan rasa itu dan tetap fokus pada tujuan awal. Cara terbaik yang juga bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Membangkitkan rasa saling percaya

Mengikat tali panjat dinding
Membangkitkan rasa saling percaya dengan orang lain bisa dilakukan dengan melakukan rock climbing. Sumber: Unsplash

Karena ini termasuk olahraga ekstrem, keselamatan jadi yang utama kala melakukannya. Saat menaiki dinding, akan ada seorang belayer yang menjaga tali. Selain teknik yang benar, rasa percaya kepada belayer pun harus dipupuk sejak dari bawah. Begitu juga kalau kamu menjadi belayer dan harus menjaga climber di atas sana.

Kamu bisa melakukan olahraga rock climber dengan sahabat atau rekan kerja untuk membuktikan kalau ada rasa saling percaya di antara kalian. Melakukannya dengan baik bisa membuat hubungan kalian akan lebih baik lagi.

5. Berikan kamu pemandangan terbaik

Pemandangan rock climbing
Bukan hanya pemandangan bagus, kamu pun akan lebih keren saat difoto. Sumber: Unsplash

Jantung akan berdegub lebih cepat dan angin akan berhembus kencang. Namun, dari atas sana, semua akan terlihat berbeda. Setidaknya kamu akan mendapatkan pemandangan yang tidak bisa didapatkan oleh orang-orang yang tidak mau mencoba rock climbing. Selain itu, kamu bisa mendapatkan foto diri terbaik diambil dari mana pun, baik mengambil foto dari bawah atau foto detik-detik sebelum kamu sampai ke puncak.

Selalu ada waktu yang tepat untuk mencoba olahraga rock climbing. Mungkin setelah membaca artikel ini, kamu langsung ingin membeli perlengkapan rock climbing.

Leave a Comment