Tips Membeli Tas Carrier Pertama Kali

Memilih ransel atau anak gunung menyebutnya dengan tas carriersusah-susah gampang. Ransel yang tidak pas dengan fungsi dan bentuk tubuh kita hanya akan menyusahkan selama pendakian. Jangan sampai Anda menggerutu sepanjang pendakian karena salah memilih tas carrier.

1. Agar Tidak Menyesal, Pilih Brand yang Terkenal Berkualitas Bagus

Pemilihan brand ini sangatlah penting. Brand yang sudah terkenal di kalangan pendaki tentu memiliki kualitas yang tidak mengecewakan. Untuk brand luar produksi luar negeri Osprey, Millet, Deuter, Vaude, atau Salewa bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk brand lokal, Eiger, REI, dan Consina juga memiliki kualitas yang cukup baik.

Ransel yang diproduksi brand luar memang cukup mahal. Tapi, bukankah harga tidak berbohong. Lebih baik memiliki satu ransel mahal tapi berkualitas baik, daripada memiliki banyak ransel brand abal-abal tapi mudah rusak.

2. Perhitungkan Fungsi

Jika Anda sudah menentukan brand mana yang Anda pilih, selanjutnya Anda harus menentukan fungsi ransel tersebut. Ransel yang Anda beli akan digunakan untuk mendaki atau wisata kota? Atau malah bisa jadi kombinasi keduanya. Karena setiap ransel memiliki kegunaan yang berbeda. Contoh, Dueter Act Lite berukuran 35 l + 10 l bisa digunakan untuk naik gunung dan juga jalan-jalan kota.

3. Perhatikan Kapasitas

Selain fungsi, kapasitas ransel juga harus menjadi perhatian. Kapasitas ransel menyesuaikan berapa lama pendakian. Jumlah barang yang anda bawa sangat menetukan kapasitas ransel.

Lama Waktu PerjalananKapasitas Carrier (liter)
1-3 Malam35-50
3-5 Malam50-80
Lebih dari 5 Malam80+

4. Perhitungkan Berat Badan

Yang menjadi pertimbangan lain adalah perhitungan berat badan. Berat ransel yang Anda pilih akan mempengaruhi total berat ransel setelah diisi barang-barang. Masing-masing ransel memiliki berat yang berbeda. Misalnya, berat ransel Dueter ACT Lite lebih ringan daripada Futura Pro.

5. Sesuaikan Ransel Dengan Punggung

memilih-ransel

Sumber foto berasal dari sini.

Ransel yang nyaman saat mendaki adalah ransel yang bisa menyesuaikan punggung. Pilihlah ransel yang sesuai dengan torso Anda. Air back system dalam tas juga berpengaruh. Beberapa brand ransel sudah memiliki airback system yang empuk dan memungkinkan untuk sirkulasi udara yang baik. Jadi Anda tidak perlu kegerahan saat mendaki

6. Jenis Kelamin

Karena setiap ransel diciptakan sesuai jenis kelamin, pilihlah ransel sesuai dengan jenis kelamin. Untuk wanita, sebaiknya memilih ransel dengan label women series. Karena system yang dibuat telah menyesuaikan dengan bentuk tubuh wanita.

7. Cover Bag

Tidak semua ransel dilengkapi dengan cover bag. Jika ingin hemat, pilih ransel yang sudah terdapat cover bag didalamnya. Kalau belum ada, Anda harus membelinya secara terpisah.

8. Kantong Tambahan

Kantong tambahan di bagian dalam ransel sangat penting. Dengan banyaknya kantong tambahan, Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan berbagai barang. Kantong samping biasanya untuk menyimpang botol. Kantong di luar atau di kepala ransel biasanya untuk menyimpan barang penting yang sewaktu-waktu dibutuhkan saat perjalanan.

9. Pilihlah model yang Anda suka

Model tas yang anda pilih mencerminkan karakter Anda. Pilihlah sesuai ketertarikan Anda. Warna ransel juga harus diperhatikan. Jika Anda tipe yang malas membersihkan, sebaiknya menghindari warna yang terang.

Leave a Comment