Pesona Gunung Merbabu

Gunung merupakan tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan, menghistirahatkan pikiran dari hirGunung merupakan tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan, menghistirahatkan pikiran dari hiruk pikuk ramainya perkotaan , menghilangkan penat dan  mengembalikan semangat diri. Dan salah satu gunung yang terkenal di jawa tengah yaitu Gunung merbabu,Gunung Merbabu dengan ketinggian 3.142 mdpl terletak di 3 Kabupaten yaitu Semarang, Boyolali dan Magelang. Gunung Merbabu merupakan gunung api tua yang bersebelahan dengan Gunung Merapi yang merupakan salah satu gunung api aktif.
Gunung Merbabu berasal dari kata “Meru” yang berarti gunung dan “Babu” yang berarti wanita. Gunung Merbabu dikenal sebagai gunung tidur meskipun sebenarnya memiliki 5 buah kawah yaitu Kawah Condrodimuko, Kombang, Kendang, Rebab dan Kawah Sambernyowo.
Untuk mendaki Gunung Merbabu, terdapat 5 jalur pendakian yang saat ini resmi untuk dilalui para pendaki. Yaitu :
1.  Selo,
2. Wekas
3. . Thekelan,
4. Chuntel, dan
5. Suwanting.

Dari kelima jalur pendakian tersebut, jalur yang paling lama dan panjang treknya adalah jalur Selo, meskipun selo merupakan jalur terpanjang akan tetapi selo adalah jalur resmi yang menyuguhkan pemandangan dan sabana yang mampu membuat mata terpanah,  menghilangkan suntuk dan beban yang ada , keindahan sunrisenya serta view gunung merapi yang nampak megah yang mampu membius mata, dinginya suhu saat malam hari seakan menusuk kulit, namun hangat mentari saat pagi mampu memberikan rasa hangat tubuh.

Gunung Merbabu masuk dalam kawasan Taman Nasional yang merupakan daerah yang dilindungi oleh BKSDA ( Balai Konservasi Sumber Daya Alam) dan memiliki ketinggian 3.145 mdpl,  Gunung Merbabu memiliki 7 puncak yang memiliki keindahan panorama berbeda-beda dan dikagumi oleh para pendakinya.
Dua puncak yang paling terkenal bagi para pendaki yaitu Puncak Syarif yang terletak pada ketinggian 3.120 m dpl dan Puncak Kenteng Songo dengan ketinggian 3.142 mdpl.Gunung Merbabu mempunyai banyak puncak, diantaranya :
1. Puncak Triangulasi ( 3142mdpl,)
2. Puncak Kenteng Songo, dan
3. Puncak Syarif.,

Pendaki dapat menyaksikan keindahan sunrise, lautan awan serta jajaran puncak gunung lainnya seperti Gunung Merapi, Sindoro, Sumbing, Lawu dan lain sebagainya dari atas Puncak Merbabu.
Mengemban status sebagai kawasan Taman Nasional, Gunung Merbabu memberikan nilai tambah sebagai lokasi kunjungan yang wajib disambang para pendaki gunung dan penikmat alam. Jadilah saksi mata keindahan alam Indonesia dengan menjadikan Gunung Merbabu menjadi tujuan petualangan Anda selanjutnya.

Leave a Comment