Pertimbangkan 5 Hal ini Saat Membeli Sepatu Hiking Murah

Salah satu olahraga outdoor yang cukup ekstrim adalah hiking. Olahraga ini biasanya digemari oleh para petualang yang mencari adrenaline rush. Karena olahraga ini cukup berisiko, maka persiapan yang matang serta peralatan yang lengkap adalah hal yang penting.

Selain persiapan fisik dan mental, dibutuhkan juga persiapan berbagai peralatan untuk melakukan pendakian seperti baju, celana, carrier, hingga sepatu hiking. Yang tak boleh dianggap remeh adalah pemilihan sepatu hiking karena memiliki peran vital bagi pendakian. Sepatu hiking murah yang berkualitas baik akan sangat membantu serta melindungi kaki saat mendaki. Agar tak salah pilih, pertimbangkan lima hal berikut ini saat akan membeli sepatu hiking murah.

1. Pertimbangkan Bahan

Saat membeli sepatu hiking murah, kamu perlu mempertimbangkan bahan sepatu. Pilih bahan sepatu yang nyaman untuk dipergunakan dalam melakukan perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan yang terjal. Sepatu hiking yang terbuat dari bahan kulit biasanya lebih awet, kuat, anti air serta memiliki sirkulasi udara yang baik. Sedangkan sepatu yang terbuat dari bahan campuran kulit dan karet sintetis memiliki kelebihan berat yang lebih ringan dibandingkan berbahan kulit. Tapi untuk daya tahan serta kekuatan kalah tidak lebih baik daripada sepatu hiking murah berbahan kulit. Kamu juga bisa memilih sepatu hiking yang terbuat dari bahan kulit sintetis karena sirkulasi udara untuk kaki yang cukup baik serta waterproof. Hindari memilih sepatu hiking murah berbahan kanvas karena akan mudah robek saat dipergunakan di trek dengan medan ekstrim.

2. Pastikan Ukuran yang Tepat

Dalam memilih sepatu hiking murah, ternyata memiliki formula yang berbeda dengan memilih sepatu olahraga lainnya. Bila biasanya memilih sepatu yang pas dengan ukuran kaki, tapi dalam memilih sepatu hiking murah sebaiknya pilih sepatu yang lebih besar satu ukuran dari ukuran standar kaki kamu. Mengapa? Hal ini untuk menghindari luka atau cedera saat turun gunung, serta dengan sepatu yang lebih longgar berguna saat menggunakan kaus kaki yang tebal untuk melindungi kaki. Sepatu hiking dengan ukuran yang terlalu besar atau longgar akan mengganggu pergerakan kaki saat melakukan hiking. Demikian juga bila sepatu terlalu kecil, akan sangat sempit dan dapat berisiko cedera.

3. Sesuaikan Tinggi Leher Sepatu dengan Medan Hiking

Ada dua jenis sepatu hiking yang tersedia di pasaran, yaitu sepatu hiking yang memiliki leher tinggi dan leher pendek. Untuk memutuskan sepatu hiking jenis mana yang harus kamu dipilih akan bergantung pada medan hiking yang dijalani. Bila medan hiking adalah gunung atau bukit yang ringan, maka sepatu hiking murah dengan leher pendek lebih cocok. Selain lebih ringan, sepatu hiking ini juga lebih terjangkau. Tapi bila medan hiking yang akan kamu jalani adalah medan yang panjang dan cukup berat maka sepatu dengan leher tinggi lebih cocok karena lebih maksimal dalam melindungi kaki, terutama pada mata kaki.

4. Pertimbangkan Beban Pendakian

Kamu juga harus mempertimbangkan beban pendakian saat membeli sepatu hiking yang tepat. Ada baiknya kamu dapat memperkirakan terlebih dulu berat beban yang akan dibawa saat pendakian. Hal ini akan mempengaruhi kualitas sepatu yang dibutuhkan. Sepatu hiking untuk pendakian ultralight, akan cepat rusak bila dipergunakan untuk mendaki dengan beban pendakian yang berat. Untuk beban 9 – 12 kilogram, kamu bisa memilih sepatu lightweight. Namun, untuk beban di atas itu, ada baiknya pilih sepatu hiking boots yang akan memberikan kenyamanan dan kestabilan pada kaki saat membawa beban yang cukup berat.

5. Cek Sol Sepatu

Sol sepatu hiking memiliki desain khusus yang mampu untuk melewati medan pendakian gunung yang kerap licin atau berbatu. Untuk itu, pilih sepatu hiking dengan sol berceruk tajam dan bagian punggung sol tinggi. Sol sepatu hiking murah seperti ini akan membantu kaki menapak dengan lebih mantap ketika melewati medan gunung yang berbatu dan ekstrim. Selain itu, pilih sepatu yang bersol tumitnya besar serta kuat dan terbuat dari karet atau sintetis. Dengan adanya sol tumit ini akan berguna untuk menahan laju badan saat turun gunung agar tidak mudah terpeleset.

Leave a Comment