[Infografik] Tips Aman Solo Traveling untuk Perempuan

Sudah nonton film Eat Pray Love? Diangkat dari memoar berjudul sama, film tersebut menceritakan tentang seorang perempuan yang memutuskan untuk meninggalkan kehidupan yang selama ini dikenalnya dan pergi keliling dunia seorang diri selama satu tahun. Belajar menikmati hidup di Italia, bermeditasi di India, dan jatuh cinta di Bali membuatnya semakin mengenal jati diri.

Tips Solo Traveling Perempuan

Sesekali, tinggalkan zona nyaman dengan traveling seorang diri

Bagi sebagian orang, solo traveling dapat menjadi pengalaman yang mengubah hidup. Paling tidak, pengalaman tersebut akan memberikan tantangan tersendiri yang tidak mungkin didapat kalau kamu traveling bersama orang lain. Tanpa ada teman yang bisa membantu, kamu harus mengandalkan dirimu sendiri untuk memecahkan berbagai masalah yang ditemui selama perjalanan. Bagi solo traveler perempuan, tentu hal ini merupakan tantangan tersendiri. Untuk itu, Wego punya beberapa tips supaya kamu, para perempuan petualang, makin siap menghadapi tantangan solo traveling.

1. Pastikan kamu punya akses internet

Internet bisa jadi penolongmu di berbagai keadaan, contohnya memantau rute saat naik taksi sendirian. Dengan begitu, kamu bisa segera tahu kalau supir membawamu keluar dari rute yang seharusnya. Saat ini ada banyak cara supaya kamu tetap bisa online di luar negeri, mulai dari berlangganan paket data roaming, membeli kartu SIM lokal, sampai menyewa wifi router.

2. Kabari teman atau keluarga di rumah

Tips Solo Traveling Perempuan

Beri kabar secara rutin supaya teman dan keluarga tidak mencemaskan keadaanmu

Selama perjalanan, beri kabar secara rutin agar teman dan keluargamu tahu kamu baik-baik saja. Saat naik taksi atau pergi menemui seseorang, usahakan untuk memberikan data kendaraan yang kamu naiki serta nama supir atau temanmu. Meng-update media sosial dengan foto-foto dan cerita liburanmu juga bisa jadi salah satu cara meninggalkan jejak di internet supaya teman dan keluargamu tidak khawatir.

3. Cari akomodasi dengan review yang bagus

Sebelum memesan akomodasi, baca banyak review untuk memastikan tempat pilihanmu dan area sekitarnya aman bagi perempuan. Memilih tempat yang mendapat ulasan bagus dari traveler perempuan bisa jadi awal yang bagus. Kalau kamu berencana menginap di rumah penduduk lokal, seperti couchsurfing atau menyewa Airbnb, baca juga ulasan tentang calon host-mu. Tentu kamu tidak mau, ‘kan, tinggal bersama host yang menyebalkan atau lebih parah lagi, punya niat buruk terhadapmu?

[Cari akomodasi murah di sini]

4. Jangan bagi informasi ke sembarang orang

Ngobrol dengan orang baru memang menyenangkan, tapi kamu tidak perlu membagi informasi apa pun kalau merasa tidak nyaman. Ini termasuk cerita bahwa kamu traveling sendirian saja. Sebagian orang mungkin akan memanfaatkan informasi rentan ini untuk melakukan kejahatan. Kalau merasa terganggu dengan orang asing yang berusaha mendekatimu, kamu juga bisa bilang bahwa kamu punya teman atau pasangan yang sedang menunggumu.

5. Simpan uang dan dokumen penting di beberapa tempat

Tips Solo Traveling Perempuan

Sebagai upaya pencegahan, jangan taruh semua barang berharga dalam satu tempat

Tip ini berguna seandainya kamu kehilangan uang atau dokumen penting. Selipkan uang di beberapa tempat selain dompet, misalnya saku baju dan tas yang ditinggal di penginapan. Simpan juga salinan dokumen-dokumen penting seperti paspor dan bukti pemesanan tiket dan penginapan di tempat terpisah dari tempat kamu menyimpan dokumen aslinya. Untuk lebih berjaga-jaga lagi, simpan soft copy dokumen di e-mail atau cloud storage semacam Dropbox atau Google Drive.

6. Siapkan dana lebih dari cukup

Seketat apapun anggaran perjalananmu, sisihkan sejumlah uang untuk berjaga-jaga seandainya kamu harus melewati bujet karena berbagai alasan. Misalnya, akomodasi yang sudah kamu pesan ternyata tidak sesuai harapan dan kamu ingin pindah ke akomodasi yang lebih nyaman. Dana cadangan dapat berupa uang yang kamu bawa bersamamu atau kartu debit dan kredit yang berlaku di destinasi liburanmu.

7. Bawa pakaian yang tertutup

Tips Solo Traveling Perempuan

Saat traveling ke destinasi tertentu, Wegonesia disarankan untuk memakai pakaian yang tertutup

Di beberapa daerah seperti negara-negara Timur Tengah, kamu mungkin akan menerima tatapan aneh kalau berpakaian terlalu terbuka. Karena itu, bawa setidaknya satu setel pakaian tertutup agar penampilanmu lebih membaur dengan masyarakat setempat dan menghalau perhatian yang tidak diinginkan. Praktisnya, atasan yang melindungi bagian bahu dan bawahan yang menutupi lutut sudah cukup sopan untuk dipakai di berbagai tempat. Kamu juga bisa memakainya ke tempat-tempat yang memiliki dress code tertentu, misalnya kuil atau masjid.

8. Pilih tas yang tidak mudah jadi target pencopetan

Memilih jenis tas yang tepat juga bisa meningkatkan keamananmu, lho. Untuk tas sehari-hari, tas selempang atau ransel, contohnya, lebih aman daripada tas tangan yang lebih mudah dijambret. Pastikan pula kamu membawa gembok untuk koper atau tas pakaianmu. Kalau kamu sering bepergian, berinvestasi dengan membeli tas anti-theft juga bisa menjadi opsi. Tas yang dipasarkan sebagai tas anti pencurian biasanya memiliki fitur-fitur unik seperti kompartemen tersembunyi untuk menyimpan benda berharga.

9. Percaya pada nalurimu

Salah satu bagian paling menyenangkan dari tiap perjalanan tentu saat kita merasakan pengalaman-pengalaman baru yang mungkin tidak akan didapat di rumah. Namun jangan biarkan perasaan senang dan ingin mencoba hal baru membuatmu jadi kurang waspada terhadap sekelilingmu. Jangan ragu untuk meninggalkan suatu tempat atau orang yang membuatmu merasa tidak nyaman. Kamu juga tidak perlu merasa tidak enak menolak tawaran seseorang kalau memang tidak tertarik. Kadang, naluri kita bekerja karena memang keselamatan kita sedang terancam, jadi percaya saja pada nalurimu!

[Cari tiket pesawat murah di sini]

Cara mencari akomodasi terbaik untuk solo traveler perempuan

Wego ingin solo traveler perempuan mendapat kemudahan mencari penginapan nyaman dan aman dengan harga terjangkau. Caranya, ketika melakukan pencarian hotel di Wego, masuk ke menu Filter, kemudian pilih:

  1. “Skor Ulasan Bagus” untuk mendapatkan daftar penginapan yang terbukti bagus menurut testimoni para tamu
  2. “Pejalan Solo” untuk mendapatkan rekomendasi penginapan yang cocok untuk solo traveler.

Setelah itu, masuk ke menu “Urutan” dan pilih “Berdasarkan Harga Terendah” supaya tetap hemat. Selamat mencoba!

Infografik Tips Solo Traveling Perempuan

Infografik tips aman solo traveling untuk perempuan

Leave a Comment