Empat Alasan Hiking Ke Gunung Prau

Sejak film 5 cm tayang di bioskop pada 2013 silam, hiking atau mendaki gunung sontak menjadi kegiatan populer. Banyak anak muda yang tadinya lebih suka nongkrong ke mall tiba-tiba jadi “anak gunung” banget. Outdoor lifestyle pun menjadi gaya hidup yang mereka gandrungi.

Sebagai pendaki pemula tentu kita harus menakar kemampuan fisik dan mental sebelum mulai pendakian. Salah satunya dengan memilih gunung yang tidak terlalu tinggi ataupun sulit untuk didaki, misalnya Gunung Papandayan atau Gunung Prau. Kali ini Wego mau membahas tentang Gunung Prau yang akhir-akhir ini jadi primadona untuk didaki. Ini dia empat alasan kenapa kamu harus mendaki gunung ini:

Gunung Prau Enggak Terlalu Tinggi

Buat first timer Gunung Prau ini ramah banget buat didaki, soalnya gunungnya enggak terlalu tinggi. Buat sampai ke puncak gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Wonosobo dan Kendal ini dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam saja, soalnya tingginya hanya 2565 mdpl. Walaupun enggak terlalu tinggi, tapi jalan yang ditempuh selalu berupa tanjakan dan semakin menanjak ketika kita hampir sampai puncak. Jadi persiapkan fisik dulu, ya, sebelum mulai mendaki.

Savana di Gunung

Indahnya panorama dari savana di Gunung Prau ini!

Indahnya panorama dari savana di Gunung Prau ini!

Savana ini lebih dikenal dengan sebutan Bukit Teletubbies. Soalnya, kontur permukaannya berukit-bukit mirip setting acara anak-anak tersebut. Bukit savana ini juga luas banget lho, buat yang suka fotografi dijamin puas hunting foto di sini. Selain rerumputan kering, di atas kita juga bakal sering menemukan hamparan bunga daisy yang tumbuh. Buktikan kalau kamu adalah responsible traveler dengan tidak merusaknya, ya!

Spot Lihat Milky Way

Gugusan bintang yang menyerupai tumpahan susu tampak jelas dari puncak Prau.

Gugusan bintang yang menyerupai tumpahan susu tampak jelas dari puncak Prau.

Milky way atau galaksi Bimasakti merupakan galaksi di mana kita berada. Sebenarnya kita bisa melihat milky way ini dari mana saja di muka bumi. Tapi buat melihatnya dengan mata telanjang, kita harus berada di tempat yang bebas dari polusi cahaya. Salah satu spot tersebut ada di Gunung Prau. Di sini kita bisa melihat bintang-bintang bertaburan seperti aliran sungai! Kalau cuaca cerah, milky way bisa kita lihat selepas tengah malam hingga menjelang subuh. Siapkan kameramu, soalnya pemandangan indah ini sayang banget kalau enggak diabadikan.

Dekat dengan Dieng

Panorama Danau Cebon di Dieng

Panorama Danau Cebong di Dieng

Peribahasa “sekali dayung dua tiga pulau terlampaui” nampaknya pas untuk menggambarkan kedekatan dua lokasi wisata ini. Jarak Gunung Prau ke area wisata Dieng hanya sekitar 16 kilometer. Makanya, sayang banget kalau kamu enggak sekalian mampir ke Dieng yang punya Kawah Sikidang dan Telaga Warna.

Leave a Comment