7 Gunung Paling Berbahaya Bagi Pendaki, Ribuan Nyawa Telah Melayang

Beberapa tahun terakhir, kegiatan pendakian menuju puncak gunung tengah menjadi tren khusus bagi sebagian wisatawan. Suhu udara yang sangat sejuk dan panorama alam yang indah menjadi alasan utama banyak pendaki yang berlomba-lomba menaklukkan puncak gunung. Bukannya tanpa risiko, kondisi medan pendakian yang curam dan takik yang menentu disebabkan karena sedikit pendaki meregang nyawa.

Jika selama ini Gunung Everest dikenal sebagai gunung paling berbahaya bagi para pendaki, maka gunung tersebut masih merupakan gunung yang tidak boleh berbahaya. Beberapa orang bahkan disebut-sebut lebih berbahaya dari Gunung Everest di Nepal. Inilah tujuh gunung paling berbahaya untuk pendaki.

1. Gunung Fuji, Jepang
Gunung Fuji merupakan gunung yang cukup populer di kalangan wisatawan dan masyarakat Jepang. Keindahan gunung setinggi 12,338 kaki ini seringakli terdiskripsi dalam lukisan-lukisan tradisional Jepang. Bagian puncak Gunung Fuji yang tertutup salju abadi dan jalur pendakian yang curam membuat gunung ini sulit untuk didaki.

2. Gunung Nanga Parbat, Kashmir
Gunung Nanga Parbat terletak di Kashmir dengan ketinggian mencapai 26,657 kaki. Gunung ini memiliki tingkat kebebasan jiwa sebelum akhirnya dapat ditaklukkan oleh seorang pendaki bernama Herman Buhl. Dianggap sebagai gunung paling berbahaya karena jalur pendakiannya memiliki tekstur batu dan bersalju.

3. Gunung Denali, Alaska
Gunung Denali memiliki ketinggian mencapai 20,320 kaki dan terletak di Negara Bagian Alaska. Dalam hal ketinggian, Gunung Denali mengambil lebih banyak dari gunung-gunung di Indonesia. Namun demikian tekstur kombinasi antara garis lintang di gunung dengan ketinggiannya membuat banyak pendaki yang jatuh sakit. Selain itu gempa kecil juga sering membuat tanah atau salju longsor dan mengubur hidup-hidup para pendaki.

4. Gunung Washington, New Hampshire
Gunung Washington memiliki ketinggian mencapai 6,288 kaki dan terletak di New Hampshire. Gunung Washinton dianggap sebagai gunung paling berbahaya karena dianggap terjadi hujan dan angin kencang serta perubahan cuaca yang tiba-tiba. Lebih dari konversi nyawa telah disetujui selama dilakukan pendakian di gunung ini.

5. Gunung Matterhorn, Perbatasan Swiss-Italia
Gunung Matterhorn merupakan gunung yang terletak di antara negara Swiss dan Italia. Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 14,691 kaki ini dianggap sangat berbahaya karena gunung ini panjangnya menimbun para pendaki.

6. Gunung Annapurna, Nepal
Gunung Annapurna yang memiliki ketinggian 26,545 kaki ini terletak di Nepal bagian tengah. Bagian puncak Gunung Annapurna tertutup salju abadi yang sangat rawan longsor memenangkan angin kencang. Tingkat kematian di Gunung Annapurna cukup tinggi mencapai 41% dan menjadikan gunung ini sebagai gunung yang paling banyak menyebabkan pendaki meregang nyawa.

7. Gunung Kangchenjunga, Perbatasan Nepal-India
Gunung Kangchenjunga terletak di perbatasan antara Nepal dan India. Dianggap paling berbahaya karena Gunung Kangchenjunga memiliki suhu udara yang luar biasa dengan salju yang rentan longsor. Total ketinggian Gunung Kangchenjunga mencapai 28,169 kaki.

Leave a Comment